Tentang Antronesia

Latar Belakang

Antronesia berawal dari kehendak untuk mengembangkan hikmah-hikmah ilmu sosial, terutama antropologi pada tataran praktis yang dekat dengan kebutuhan hidup sehari-hari. Saat ini Antropologi di Indonesia masih lekat dengan identitasnya sebagai sebuah ilmu sosial yang bersifat akademik dan teoritik. Padahal, potensi penerapan ilmu antropologi untuk berbagai kepentingan, baik untuk kebijakan pemerintah maupun untuk strategi bisnis, sangat mungkin untuk dilakukan. Etnografi, sebagai metode dan produk khas dari kajian antropologi, dewasa ini, di tingkat internasional, sudah menjadi satu inspirasi populer yang digunakan dalam proses menggali insight dari publik atau konsumen. Sebab itu, Antronesia lahir untuk mengambil peluang dalam promosi, pengembangan dan penerapan keilmuan sosial, terutama antropologi untuk kepentingan publik dan dunia bisnis.

Visi Misi

Antronesia memiliki visi untuk menjadi lembaga bonafide dalam bidang pengembangan, penerapan dan penyebaran hikmah-hikmah ilmu sosial, terutama dari ilmu antropologi. Untuk mewujudkannya, Antronesia memiliki beberapa misi utama, antara lain; membangun komunitas untuk menjadi lembaga kajian independen sebagai pusat inventarisasi dan inovasi ranah terapan dari keilmuan sosial, menyediakan jasa riset dan konsultasi untuk kepentingan pemerintah dan dunia bisnis, menjalankan program sosial yang berorientasi pada penerapan keilmuan untuk kepentingan publik, serta membangun aset meedia sebagai saluran bisnis serta promosi dan edukasi kepada publik terkait berbagai aktivitas lembaga dan insight-insight yang menginspirasi.

logo2

Antronesia merupakan suatu perkumpulan yang bergerak dalam riset sosial budaya, jasa konsultansi, pengembangan media dan projek-projek sosial. Berdiri sejak bulan Desember 2013 di Bandung. Awalnya menggunakan nama Mindviour Labs, setelah dua tahun berjalan, lalu pada bulan Desember 2015, nama perkumpulan resmi berganti dengan Antronesia. Secara bertahap Antronesia dikembangkan dari model komunitas menjadi perkumpulan berbadan hukum.

Program


 

Program Riset dan Konsultasi

Antronesia menjalankan aktivitas riset, baik yang bertujuan untuk inventarisasi dan inovasi ranah terapan dari keilmuan sosial, maupun yang bertujuan untuk memberikan jasa konsultatif bagi klien. Adapun sasaran dari jasa riset dan konsultasi ini adalah para penyusun kebijakan dan dunia bisnis.

Proyek Sosial Antronesia

Antronesia berupaya menerapkan hikmah-hikmah ilmu-ilmu sosial untuk kepentingan publik, terutama dalam agenda pengembangan dan pemberdayaan masyarakat. Proyek sosial Antronesia dimulai dengan pengembangan Komunitas Antronesia. Komunitas Antronesia adalah wadah candradimuka untuk pengembangan peneliti, penulis dan aktivis yang bisa menerapkan hikmah-hikmah ilmu sosial dalam ranah terapan. Komunitas antronesia juga merupakan wadah kaderisasi SDM yang akan bergabung dengan perkumpulan Antronesia. Disamping itu, komunitas juga mensupport perkumpulan mengeksekusi proyek-proyek sosial Antronesia yang lainnya.

Media Asset

Bagi Antronesia, pengembangan dan penerapan hikmah ilmu sosial akan semakin efisien jika ditopang oleh sistem pengelolaan dan penyebaran pengetahuan tersebut via media yang mudah mencapai dan diakses publik. Antronesia memilih media online sebagai platform penyebaran tersebut. Aset media Antronesia terdiri dari website Antronesia.com dan sosial media yang berlabel Antronesia. Media tersebut tidak hanya menyajikan hasil-hasil kajian dari program riset atau laporan kegiatan dan refleksi dari proyek sosial. Aset media ini dirancang dan dikembangkan untuk menjadi portal informasi yang kredibel dan terkemuka terkait isu-isu sosial yang berkembang di Indonesia. Selain untuk menjadi sumber informasi dan pengetahuan bagi publik, aset media ini juga menjadi unit bisnis penting bagi Antronesia.

Kegiatan


tjihapit

Pengembangan Pedagang Pasar Tjihapit di Bandung

Kategori       : Sosial Projek

Waktu            : Desember 2015 – saat ini

Rekanan    : PD pasar, pedagang pasar Tjihapit, Visual Volunteer, Lembaga

                         ISDN, & SBM ITB

Deskripsi

Program pengembangan pasar Tjihapit berupaya untuk merevitalisasi pasar Tjihapit dengan mensinergikan pasar tradisional dan modern dalam kerangka pasar selaku ruang publik. Pasar Tjihapit dikembangkan untuk menjadi ruang publik tempat berbagai komunitas di Bandung bisa beraktivitas, sehingga bisa memicu semakin banyak pengunjung ke pasar tersebut. Dalam proyek ini Antronesia berperan sebagai tim asesment dan fasilitator untuk pembentukan paguyuban pasar.

khazanas

Riset Pasar untuk Majalah Khazanah Intelektual di Bandung

Kategori          : Riset dan Konsultasi

Waktu               : Februari-April 2014

Klien                  : Penerbit Khazanah Intelektual

Deskripsi    :

Antronesia menjalankan amanah dari penerbit khazanah intelektual untuk melakukan riset terhadap konsumen majalah khazanah intelektual. Riset ini menggunakan metode kualitatif yang dielaborasi dengan pendalaman lewat pendekatan etnografi. Riset tersebut menghasilkan insight dari konsumen yang berguna bagi manajemen penerbit untuk pengembangan kualitas dan peningkatan oplah dari majalah khazanah intelektual.

Organisasi

CO-Founder & Tim Pengelola

Antronesia dikelola oleh tiga orang co-Founder, yakni Rahmad Efendi S.Ant (Head of Bussines Development), Nopi Fajar Prasetyo, S.Sos (Head of Marketing & Finance), dan Khemal Andrias S.Ant (Head of Operation). Dalam proses perencanaan, eksekusi dan evaluasi berbagai kegiatan antronesia, pengelola disupport oleh anggota Komunitas Antronesia. Saat ini, anggota komunitas berjumlah 10 orang, yang berasal dari alumni dan mahasiswa beberapa perguruan tinggi terkemuka di tanah air, antara lain dari Unpad, Unand, UGM dan Unibraw.

Kontak

  • Alamat Sekretariat : Jln. Taman Cibeunying Selatan No. 3/5, Kota Bandung, Jawa Barat, 40114, Telp. +62 22 205 123 90.
  • Contact Person  :  085222255669 (Rahmad Efendi)
  • Website  :   www.antronesia.com
  • Email  :   kontak@antronesia.com
4

Rahmad Efendi

(Head of Bussines Development)

Memperoleh Sarjana dari Antropologi Unpad. Menggeluti bidang pembangunan, pemberdayaan masyarakat, CSR dan jurnalistik.

1623686_10204084448533360_8975476209646186391_n

Khemal Andrias

(Head of Operation)

Seorang Social Researcher yang tertarik pada isu kesehatan dan pembangunan masyarakat . Alumnus Antropologi Unpad. Aktif berkomunitas, pendiri Next Generation Indonesia.

11133644_10204766043692028_1160020564735408483_o

Nopi Fajar Prasetyo

(Head of Marketing & Finance)

Alumnus Antropologi Unpad, 3 tahun pengalaman di bidang consumer research dan kini aktif sebagai strategy planner di FMCG multinasional.