Info Buku “Hidden in Plain Sight” Karya Jan Chipcase

20130410-SanFrancisco-Hidden-0001

“If yo want to understand people, you have to understand how people function in the wild, in their natural settings, in a world of chaos and grey areas, a world with consequences, a world that’s constantly changing.” [Jan Chipchase, 2013:3]

Buku “Hidden in Plain Sight” yang terbit pada bulan April tahun 2013 ini adalah buah karya Jan Chipchase setelah melakukan riset mendalam dengan area penelitian yang tersebar di seluruh dunia. Dalam riset itu Chipchase mengeksplorasi perilaku dan budaya konsumen di berbagai belahan dunia dan kemudian menerjemahkannya untuk mengembangkan desain teknologi mobile yang futuristik. Riset itu dilakukan Chipchase berdasarkan agenda consumer insigth asssessment dari perusahaan tempat dia bekerja waktu itu, yakni Nokia. Oleh karena itulah, buku ini sangat bermanfaat bagi antropolog atau siapapun yang berminat untuk menekuni dunia market research. Buku ini adalah sebuah pilihan yang tepat untuk memperdalam pemahaman sekaligus mengasah kepekaan kita terhadap perilaku manusia dan implikasinya terhadap dunia teknologi.

Tentang Penulis

Jan Chipchase merupakan salah satu antropolog yang paling berpengaruh di dunia teknologi mobile. Studi-studi antropologis Chipchase secara fokus mengeksplorasi pengalaman manusia yang terkait dengan teknologi. Chipchase memiliki kekhasan dalam pendekatannya, yakni analisis simbol yang terkait bagaimana suatu simbol dapat menceritakan secara detail kebudayaan masyarakat yang menciptakan simbol tersebut. Pemahaman Chipchase terhadap perlambang tidak hanya sekedar melihat simbol-simbol yang bersifat fisik saja, melainkan juga mengeksplorasi perilaku sebagai simbol untuk memahami mengapa orang melakukan hal-hal tertentu tetapi tidak melakukan hal yang lain.

Pada tahun 2011 Chipcase digelari oleh Fast Company sebagai “James Bond-nya Design Research” dan salah satu dari seratus orang yang paling kreatif dalam dunia bisnis. Pada tahun yang sama majalah Fortune turut menggelari Chipchase sebagai “Indiana Jones di bidang teknologi“ karena sepak terjangnya yang eksotik sepanjang penelitiannya keliling dunia. Saat ini Chipchase menjabat sebagai Executive Creative Director of Global Insights at Frog Design, yang melakukan riset global mengenai pasar dan konsumen. Hasil-hasil penelitiannya telah dimuat di berbagai media internasional ternama seperti New York Times, BBC, Economist, National Geographic, dan Wired.

Untuk lebih jauh mendalami gagasan-gagasan Jan Chipchase, silahkan kunjungi web pribadinya di janchipchase.com