Menjelajahi Cakrawala Antropologi Via Media Online

online-942403_1280

Antropologi dalam Media Online di Indonesia

Antropologi memang tidak begitu popular di masyarakat Indonesia saat ini, hal ini adalah kenyataan yang tak bisa disangkal. Masalah ini berimbas terhadap kurangnya informasi yang update mengenai perkembangan dunia antropologi. Minimnya informasi mengenai antropologi di Indonesia tidak hanya terjadi dalam kehidupan nyata, bahkan dalam dunia media online, pembahasan mengenai antropologi masih sedikit sekali yang bisa kita temukan.

Padahal, Indonesia sesungguhnya memiliki Asosiasi Antropologi Indonesia (AAI), namun sayangnya lembaga ini seakan mandul dan tidak pernah bersuara mengenai perkembangan antropologi masa kini. Bahkan lembaga ini tidak punya website yang berguna untuk media informasi mereka. AAI hanya memiliki page di FB AAI dan sayangnya tidak pernah di update juga. 

Di luar AAI, Indonesia juga memiliki Forum Kajian Antropologi Indonesia (FKAI). Forum kajian ini sesungguhnya cukup aktif dan memiliki agenda yang jelas. Sayangnya FKAI juga masih belum bagus dalam publikasi hasil kajian-kajian mereka. Meski sudah ada official website FKAI, namun kontennya masih sangat minim informasi, dan jarang di update pastinya.

Beberapa perguruan tinggi di Indonesia yang memiliki jurusan antropologi juga memiliki official website yang bisa dikunjungi. Alamat website jurusan-jurusan di antropologi di indonesia dapat dilihat dalam blog anthropoholic.blogspot.com. Masalahnya, official website tersebut hanya menyajikan informasi mengenai jurusan antropologi di perguruan tinggi terkait dan tidak banyak informasi yang update mengenai perkembangan antropologi di Indonesia.

Selain media di atas, negeri ini hanya memiliki sedikit media online yang cukup update informasi dan mendalam kajiannya di bidang antropologi. Salah satu media yang dapat kita kunjungi adalah AntropologiIndonesia.net. Media ini berisi informasi perkembangan antropologi di Indonesia dan dunia, selain itu ada juga ebook, beberapa kajian singkat, dan ruang diskusi di dalamnya. Sayangnya, setelah admin memindahkan media ini dalam portal berita, web ini tidak bisa dibuka lagi dan belum ada alamat baru yang bisa dibuka untuk melihat website ini. Saat ini Antropologi Indonesia.net hanya bisa diakes melalui page FB AntropologiIndonesia.net. Media online lain yang berisi konten antropologi adalah etnohistori.org. Media ini berisi kajian-kajian sosial budaya yang mendalam. Isu-isu yang dibahas cukup menarik karena terkait dengan masalah kontemporer seperti globalisasi, lokal perspektif, antropologi visual dan lainnya. 

Selain media online di atas, masih sangat sulit mencari media online yang kompeten dalam bidang antropologi ini. Inilah salah satu tantangan utama dalam pengembangan antropologi di Indonesia. Para pendukung antropologi di Indonesia seharusnya mulai melakukan upaya untuk meningkatkan perbincangan yang berkualitas dalam bidang antropologi baik itu di dunia nyata maupun di dunia maya. Dalam hal ini, perbincangan berkualitas tentu lahir dari kualitas individu yang mumpuni di bidang yang diperbincangkan tersebut. Untuk itulah jurusan-jurusan antropologi  di Indonesia sebagai lembaga yang memproduksi dan mentransferkan ilmu antropologi seharusnya mulai memberikan kontribusi nyata.

Perlu peningkatan kualitas jurusan dengan peningkatan produksi kajian-kajian untuk jurnal, buku dan seminar, serta pengembangan projek-projek penelitian yang bertujuan untuk memberi manfaat seluasnya pada masyarakat. Hasil dari pengembangan itu dipublikasikan agar publik bisa mengetahui dan mengapresiasinya. Selain itu  ada upaya sederhana yang bisa dilakukan jurusan untuk membuat informasi mengenai antropologi bisa berkembang dengan cepat. Jurusan bisa memanfaatkan media online seluas-luasnya untuk hal itu. Para dosen dan mahasiswa perlu diberikan wawasan mengenai pemanfaatan media online untuk mempublikasikan karyanya. Setelah itu, jurusan bisa membuat kebijakan agar seluruh dosen dan mahasiswa antropologi wajib membuat blog atau website untuk mempublikasikan karyanya, dan bisa saja  hal itu bisa menjadi salah satu point penilaian prestasi dari dosen atau mahasiswa tersebut. 

Memang, jika berbicara mengenai disiplin antropologi di Indonesia kita akan merasa tidak puas dengan kondisi saat ini. Akan tetapi dengan niat, tekad dan upaya dari para pendukung antropologi di Indonesia, tentu masih banyak harapan yang bisa kita capai di masa depan nanti. Untuk itulah kita perlu berupaya saling berbagi dan menyebarluaskan informasi-informasi perkembangan antropologi terkini. 

Pemanfaatan Internet Untuk Mengobservasi Perkembangan Antropologi di Seluruh Dunia

Pemanfaatan Media Online Bagi Pengembangan Antropologi di Dunia Internasional

Sebagai salah satu motivasi bagi kita, kita dapat berkaca pada perkembangan antropologi di dunia. Di negara-negara maju yang paling memanfaatkan ilmu antropologi, popularitas antropologi jauh lebih baik dibandingkan di Indonesia. Pendukung antropologi di negara maju tersebut telah sadar akan manfaat sharing pengetahuan untuk pengembangan antropologi itu sendiri, dan untuk menunjangnya mereka telah memanfaatkan media online secara optimal.

Kalau kita mencari informasi di google dalam bahasa Inggris, akan sangat banyak sekali ditemukan website organisasi internasional, official website perguruan tinggi, serta website pribadi yang secara khusus memuat konten antropologi. Konten antropologi dalam website-website tersebut sangat menarik, kontemporer, mendalam dan inovatif. Banyak sekali hal baru yang tidak terbayangkan oleh kita di Indonesia yang telah dipikirkan dan dilakukan oleh Antropolog di luar sana. Antropologi secara universal sesungguhnya telah berkembang sangat pesat, antropologi pada saat ini telah didorong pada area-area yang jauh melampaui area tradisional dari antropologi. 

Oleh karena itulah, dalam upaya mengembangkan disiplin di Indonesia, admin mencoba berbagi list media online antropologi yang popular di dunia. Untuk informasinya silahkan klik link berikut : anthropologyreport.comSelamat menjelajahi cakrawala antropologi melalui media online. ^^

Sumber : el-noya.blogspot.com

Rahmad Efendi

Memperoleh sarjana dari Antropologi Unpad. Senang membaca manga. Sedang belajar di bidang tulis menulis. Berminat dengan berbagai kajian tentang relasi kekuasaan dan ekonomi politik, terutama dalam korelasinya dengan isu pembangunan, sains, teknologi dan masyarakat.

More Posts - Website

Follow Me:
FacebookGoogle Plus