Event : Dialog Sore One Billion Rising Bandung

dialog sore obr

Dialog Sore ;“Keterlibatan Laki-Laki dalam Gerakan Anti Kekerasan dan Pelecehan Seksual”

Emansipasi model baru. Ya emansipasi model baru, maksudnya adalah tidak melulu hanya membicarakan keseteraan gender tapi juga merayakan perbedaan gender itu sendiri. Sebelum menuntut keseteraan itu sendiri, mari kita awali dengan kesadaran mengenai perbedaan. Sadarkah individu-individu (perempuan dan laki-laki) tersebut tentang perbedaan dan keunikannya masing-masing? Dan betapa perbedaan tersebut seharusnya tetap dirayakan dan merupakan anugrah. Sehingga pada nantinya ketika mempunyai hak dan kewajiban yang sama, semua menjadi mengerti dan paham porsi dan kapabiltasnya masing-masing.

Berbicara mengenai kekerasan terhadap perempuan merupakan hal yang jauh lebih kompleks dari sekedar angka dan kebijakan yang ada. Kita juga tidak bisa selalu menyalahkan patriarki, toh dunia ini sedang didalam konstruksi yang seperti itu. Andaikatapun terjadi perubahan atau pergeseran tentulah hal tersebut membutuhkan waktu yang lama. Lalu apa yang bisa kita lakukan? Apa yang bisa kita perbuat sehingga angka-angka tersebut menurun atau mencapai titik nol? Apa yang bisa kita perbuat agar tidak ada lagi kebijakan yang bersifat diskriminatif bagi perempuan? Salah satunya bisa dimulai dari melibatkan para laki-laki dalam gerakan perempuan.

Melibatkan laki-laki dalam gerakan perempuan merupakan salah satu cara merayakan perbedaan itu sendiri. Mau tidak mau, suka tidak suka, kita hidup didalam dunia yang dihuni oleh pria dan wanita, ataupun gender lainnya. Untuk melakukan perubahan tentulah kita harus melakukannya secara bersama-sama, secara komunal, dan tidak arogan. Tidak perlu ada rasa superioritas yang dimana satu merasa lebih baik dari yang lainnya. Toh kita semua manusia, manusia yang mempunyai keunggulannya masing-masing.

Keterlibatan laki-laki dalam gerakan perempuan merupakan hal yang penting. Dari data yang ada, mayoritas pelaku dari kekerasan terhadap perempuan itu sendiri adalah laki-laki. Ketika laki-laki terlibat dalam gerakan perempuan mereka juga turut memahami dan mengerti esensi dari gerakan perempuan. Sehingga, kekerasan terhadap perempuan dapat diminimalisir dan dapat dicegah oleh semua pihak.

Gerakan perempuan bukan berarti hal tersebut menjadi sesuatu yg eksklusif dan hanya bisa dilakukan oleh perempuan saja. Dengan merangkul semua aktor-aktor yang terlibat, perubahan yang diharapkan bukan hanya menjadi sekedar wacana.

Dari itu semua Kami One Billion Rising Bandung suatu gerakan anti kekerasan dan pelecehan sosial bekerjasama dengan Antronesi mengundang semua kalangan untuk hadir dalam acara dialog sore  dengan  mengangkat tema“Keterlibatan Laki-Laki dalam Gerakan Anti Kekerasan dan Pelecehan Seksual”yang akan dilaksanakan pada;

Hari/Tanggal         : Sabtu, 30 Januari 2016

Jam                        : 15.00 WIB

Tempat                  : Jendela Ide (SABUGA) Jalan Taman Sari no 73,  Bandung

 

 

dialog sore obr